brand logo

Blog

Mengenal BNSP Digital Marketing

by Admin

Mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya BNSP. Bagi yang belum tahu, BNSP sendiri merupakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang memberikan kesempatan kepada siapapun yang ingin memiliki sertifikat profesi di bidang yang ditekuni. Lantas, bagaimana dengan BNSP digital marketing? Guna mengetahui lebih lanjut, simak pembasan di bawah ini.

Mengenal BNSP Digital Marketing

Setelah kamu mengenal sekilas terkait BNSP, kali ini kita akan belajar tentang BNSP di bidang digital marketing. Dengan memiliki sertifikat profesi di bidang pemasaran digital, membuat Anda menjadi semakin mudah dalam mencari pekerjaan atau mendirikan sebuah usaha sendiri yang erat kaitannya dengan digital marketing.

Di samping dapat melakukan upgrade kemampuan, adanya BNSP di bidang digital marketing juga membuatmu memiliki kepercayaan profesi tersebut di mata masyarakat. Dengan begitu, bisa lebih mudah untuk menarik pasar yang kamu targetkan.

Itu sebabnya, sertifikasi di BNSP bidang digital seringkali disebut juga sebagai sarana mempermudah dan menyukseskan media pemasaran digital yang kamu bangun.

Nah, di dalam pelaksanaannya sendiri, terdapat beberapa tahapan yang perlu kamu ketahui. Di antara tahapan dari pengajuan sertifikasi di bidang BNSP digital marketing adalah sebagai berikut.

  • Pra Assessment

Sesuai dengan namanya, pra berarti sebelum dan assessment berarti ujian. Artinya, tahapan ini adalah hal-hal yang berkaitan dengan persiapan sertifikasi dan dilakukan sebelum ujian sertifikasi digital marketing.

Tahapan satu ini umumnya dapat berupa wawancara atau tanya jawab seputar sertifikasi yang hendak kamu tekuni. Yakni tentang digital marketing. Oleh sebab itu, persiapkan diri kamu dan pastikan kamu yakin dengan pengambilan sertifikasi BNSP di bidang digital marketing sehingga bisa menjawab pertanyaan pra assessment dengan lancar.

  • Uji Kompetensi Jenis Tes Tertulis

Tahapan berikutnya setelah pra assessment adalah uji tertulis. Sebenarnya, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam tes satu ini. Yakni terkait jenis sertifikasi BNSP yang hendak diambil, alur pendaftaran, kisi-kisi, waktu, dan tempat pelaksanaan. Namun, karena dalam hal ini yang hendak kamu perdalam adalah di bidang digital marketing, maka langsung ambil saja dan perdalam materi terkait digital marketing.

  • Uji Kompetensi Jenis Tes Praktik

Selanjutnya, usai melakukan tes tertulis, maka kamu juga perlu melakukan tes praktik. Tentunya, praktik di sini disesuaikan dengan profesi yang kamu ambil. Jika kamu memilih digital marketing, maka uji praktikmu juga akan berkaitan dengan hal tersebut.

  • Pengumuman

Nah, setelah kamu selesai melewati beberapa tahap di atas, maka tahap selanjutnya adalah pengumuman. Pengumuman di sini akan menentukan apakah kamu lolos atau tidak terkait uji sertifikasi BNSP di bidang digital marketing yang sudah dilakukan.

Selain meningkatkan kemampuan di bidang digital marketing untuk pengembangan usaha, jangan lupa ikuti juga trik-trik kekinian dalam menunjukkan kredibilitas usaha atau identitas usahamu. Salah satunya adalah dengan menggunakan tools s.id yang memudahkan orang lain untuk melihat segala informasi yang hendak kamu sampaikan.

Nah, itulah pembahasan seputar BNSP digital marketing yang mungkin kamu butuhkan untuk memperluas pengetahuan seputar pemasaran digital.

Apakah post ini membantu?