Bagaimana cara menggunakannya? Penjelasannya akan lebih jelas jika anda sudah mendownload tool tersebut kemudian membukanya. Tentu saja artinya produk alat yang satu dengan yang lainnya akan berbeda. Namun secara umum, penggunaan shortener yang tepat adalah ketika Anda dapat membagikan tautan ke beberapa situs web sekaligus. Itu memudahkan untuk menggunakan fitur lain seperti pelacak tautan.
Selain itu, pastikan untuk menggunakan hasil link shortener (tautan yang telah dipersingkat) untuk profil bio Anda di setiap media sosial milik bisnis Anda, seperti untuk pemasaran web firma hukum. Selain itu, sebaiknya Anda juga menghindari penggunaan short link pada beberapa kondisi seperti pada anchor text dan email atau chat.
Itu "dilarang" dalam teks jangkar karena Anda tidak memerlukan tambahan apa pun saat ingin melacak URL. Data juga dapat ditemukan dengan menggunakan alat seperti Google Analytics. Tautan pendek juga cenderung membingungkan pengunjung serta menyebabkan kesalahan pada tautan itu sendiri.
Tautan yang dipersingkat juga bukan untuk konten email atau obrolan. Alasannya hampir sama. Apalagi jika menggunakan shortener yang tidak terpercaya sering error dan tidak bisa dibuka di email atau chat. Tentu saja, itu hanya membuat tautan menjadi tidak berguna. Bahkan untuk mempromosikan bisnis Anda melalui agen pemasaran internet terbaik, tautan di obrolan dan email tidak boleh dipersingkat.Deskripsi Meta: Pemendek tautan adalah alat untuk mempersingkat tautan atau URL. Ini juga memiliki beberapa fungsi lain seperti menutupi dan melacak tautan yang telah dibuat.
Apa itu pemendek tautan? Istilah pemendek tautan saat ini sering terdengar dalam pemasaran digital. Ya, itu adalah salah satu alat yang digunakan untuk itu. Namun sebelum berbicara lebih jauh mengenai tool unik ini, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu apa itu link.
Tautan, yang dikenal juga sebagai URL atau pencari sumber daya seragam, adalah beberapa karakter yang diatur dalam format standar tertentu. Ini berfungsi sebagai alamat situs di internet. Biasanya pembentukan URL disesuaikan dengan struktur website. Itu sebabnya tautan atau URL yang sering terlihat cukup panjang. Untuk mempersingkatnya, termasuk dalam layanan pemasaran digital online, Anda memerlukan alat ini, yaitu pemendek tautan.
Sejarah Pemendek Tautan
Oke, Anda sudah tahu bahwa pemendek tautan adalah alat yang berfungsi untuk mempersingkat URL. Alat ini semakin populer setelah hype Twitter. Tahukah Anda bahwa Twitter adalah salah satu media sosial yang menerapkan pembatasan karakter. Itu sebabnya alat untuk mempersingkat tautan menjadi sangat berguna untuk memposting teks di dalamnya.
Twitter bahkan memiliki pemendek URL sendiri yaitu t.co. Meskipun t.co sudah sangat populer sejak beberapa tahun lalu, sebenarnya ini bukanlah link shortener pertama di dunia. Pengguna internet termasuk yang bekerja di agen pemasaran digital otomotif menggunakan layanan dari TinyURL. Layanan ini dibuat pada tahun 2001. Hingga saat ini, TinyURL sangat populer karena fungsi dan penggunaannya yang sederhana meskipun banyak pesaing baru. Ya, bit.ly adalah salah satu pesaing terbesar TinyURL.
Manfaat Menggunakan Pemendek Tautan
Oke, jika Anda seorang pecandu Twitter, masuk akal mengapa Anda perlu mempersingkat setiap tautan yang Anda posting. Namun apakah hanya Twitter yang menerapkan aturan pemendekan link? Bukan itu. Meski tanpa syarat seperti itu, tidak ada salahnya untuk mempersingkat tautan ke postingan.
Manfaat pertama dari pemendek tautan adalah tautan lebih mudah diingat. Untuk pemasaran digital, tautan yang lebih pendek mudah diingat bahkan oleh netizen yang melihatnya sekali. Tautan yang panjang membuat orang cenderung tidak fokus pada alamat utama dan seringkali akhirnya meninggalkannya, bukan mengkliknya. Itu sebabnya bahkan di perusahaan besar seperti pemasaran digital Coca Cola, pemendek tautan banyak digunakan.
Kedua, pemendek tautan tidak hanya berfungsi untuk mempersingkat tautan, tetapi juga memiliki beberapa fungsi lainnya. Salah satunya adalah Link Masking. Link Masking secara harfiah berarti menutupi atau memperindah link. Tautan fungsi ini terlihat lebih sederhana namun lebih menarik. Anda bahkan dapat membingkai atau menutupi tautan menggunakan nama lain untuk menarik lebih banyak pemirsa. Tentu, jika Anda menggunakan fungsi ini dengan bijak, ini sangat penting untuk branding.
Menggunakan penyingkat untuk menutupi tautan bermanfaat untuk meningkatkan pemasaran digital analitik Google. Namun, Anda juga harus berhati-hati karena mungkin ada efek samping. Ya, fungsi ini sering dimanfaatkan oleh para spammer atau hacker. Mereka menggunakannya untuk menyembunyikan tautan berbahaya untuk mengirimkan virus atau malware.
Beberapa browser dan situs yang menyediakan alat tersebut saat ini telah memperbaiki sistem mereka untuk membuat tol tidak dapat digunakan untuk tautan berbahaya. Misalnya, Google Chrome memiliki sistem perlindungan untuk menghindari tautan dengan ancaman untuk mengaksesnya. tentu saja, tidak semua browser dan situs mengetahuinya.
Ketiga, pemendek tautan dapat digunakan juga untuk pelacakan tautan. Fungsi ini sangat penting untuk bisnis online. Ya, melalui fitur tersebut, Anda bisa melacak jumlah klik sekaligus konversi yang diperoleh. Dengan cara ini, Anda dapat mengukur kinerja strategi pemasaran digital yang digunakan.
Cara Memilih Shortener Link Terbaik
Oke, sejauh ini Anda sudah mengetahui manfaat yang didapat dari alat mempersingkat tautan. Tentu saja, Anda dapat menggunakannya untuk mempersingkat tautan apa pun yang Anda inginkan dan membagikannya ke media sosial dan situs apa pun seperti agen pemasaran internet B2B.
Namun, juga sangat penting untuk mengetahui alat yang tepat dan terbaik untuk digunakan. Ingat, banyak pengembang sekarang telah memproduksi dan menawarkan produk pemendek tautan tetapi tidak semuanya cukup baik untuk diunduh dan digunakan.
Untuk memilih pemendek tautan terbaik, pertama-tama Anda harus pergi ke situs web atau pengembang yang kredibel. Pilih salah satunya yang namanya sudah terkenal bagus produknya. Periksa juga testimonial untuk mengetahui kinerja produk dan apakah sebagian besar pelanggan puas dengan kinerjanya.
Kedua, periksa juga fitur-fitur yang disediakan di dalam alat tersebut. Setidaknya, itu harus memiliki fitur untuk memperpendek, menutupi, dan melacak. Jika ada lebih banyak alat untuk meningkatkan pemasaran digital dan online, itu pasti akan menjadi lebih baik.